Teknik Mesin

teknik mesin

Program Studi Teknik Mesin telah terakreditasi baik dengan 3328/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/V/2022

Teknik Mesin mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Teknik Mesin beroperasi dalam batas pengetahuan tentang sains dan engineering serta mengeksplorasi berbagai penerapan ilmu mulai dari konversi energi, desain, manufaktur hingga metalurgi.

VISI

Menjadi Program Studi Teknik Mesin tepat guna yang unggul, sehat, dan bertaraf internasional pada tahun 2029.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, Sosial, Bisnis, dan Spriritual.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi kepada ilmu pengetahuan,industri dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan penelitian terapan, kaji tindak, maupun paket teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produksi.
  5. Menjalin kerjasama dengan pihak eksternal yang berkompeten dibidang Teknik Mesin dan non Teknik Mesin.
  6. Menumbuhkan jiwa dan semangat Wirausaha dengan berpedoman pada nilai-nilai ilmu pengetahuan, teknologi, lingkungan, sosial, ekonomi, dan spriritual

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Teknik Mesin yang unggul berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, Sosial, Bisnis, dan Spriritual.
  2. Menghasilkan karya penelitian dibidang Teknik Mesin yang berkontribusi kepada ilmu pengetahuan, sistem pembelajaran dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk masyarakat.
  4. Menghasilkan karya penelitian terapan, kaji tindak, maupun paket teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan produksi.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan pihak eksternal yang berkompeten dibidang Teknik Mesin dan non Teknik Mesin.
  6. Menghasilkan lulusan Teknik Mesin yang memiliki jiwa dan semangat Wirausaha dengan berpedoman pada nilai-nilai ilmu pengetahuan, teknologi, lingkungan, sosial, ekonomi, dan spriritual